HOME

Cara Menambahkan RAM Pada Tablet/ Android

Kebanyakan tablet Android lokal yang beredar dipasaran dengan harga dibawah satu juataan selain memiliki spesifikasi Internal Storage yang kecil, juga spesifikasi RAM-nya yang kecil pula, dengan kapasitas RAM rata-rata 512 MB. Apalagi saat ini hampir semuanya telah mengaplikasikan sistem Android ICS yang tentu saja terdengar kurang mantap jika hanya menggunakan RAM 512MB saja. Memang awalnya tidak terlalu terasa, tetapi ketika sudah banyak aplikasi yang terpasang dan kita sering menjalankannya, maka tablet akan terasa lemooot.
Untuk mengatasi masalah ini, bagi anda yang pernah memakai sistem linux pasti pernah mendengar istilah "swap". Dalam hal ini metode swap sebagai solusi untuk membantu menambahkan kapasitas RAM internal tablet Android anda. Untuk melakukan swap memory diperlukan aplikasi pendukung yang bisa anda dapatkan di google play store yang telah ada pada perangkat Android anda.
Anda bisa menggunakan App Swapper2 atau juga SWAPit RAM Expander, yang keduanya bisa langsung didownload ke tablet android anda lewat Google Play Store. Kami mencoba menggunakan SWAPit RAM Expander, mengapa ? Karena applikasi ini mampu memberikan swap dengan kapasitas hingga 2.5 GB. Langsung saja anda download aplikasi ini dan secara otomatis akan terinstall, selanjutnya langsung jalankan aplikasi ini. Cara mengaturnya cukup sederhana, anda cukup mengisikan pada teksbox "SIZE(mb)" sesuai dengan kebutuhan, kemudian pada "swappines" lalu centang pada "swap active" dan juga pada "autorun". Dan lihat perubahannya. Dan coba jalankan beberapa aplikasi berat dan rasakan bedanya.